Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Jelang Musim Mudik Lebaran 2024
Tokopedia Berikan Tips Mudik Lebaran dengan Aman dan Nyaman
Senin, 01-04-2024 - 22:18:50 WIB
TERKAIT:
 
  • Tokopedia Berikan Tips Mudik Lebaran dengan Aman dan Nyaman
  •  

    JAKARTA - Mudik yang dikenal pulang kampung (Pulkam), sudah menjadi tradisi setiap tahunnya bagi masyarakat Indonesia di musim Lebaran. Tidak hanya sebagai ajang silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga, namun momen mudik dijadikan ajang untuk rehat dari rutinitas sehari-hari.


    Dikutip dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) bahwa jumlah pemudik Lebaran tahun 2024 kali ini, diprediksi menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Sebanyak 193,6 juta orang diprediksi akan mudik ke-kampung halaman pada tahun ini, nilai tersebut setara dengan 71,7% rakyat Indonesia.


    Hal tersebut, menjelang persiapan mudik lebaran 2024, Tokopedia membagikan lima tips persiapan mudik yang lebih aman dan nyaman, termasuk bagi pengguna kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.


    Simak 5 tips mudik Lebaran 2024 di antaranya:


    Pertama, pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima


    Sebelum perjalanan mudik, pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen penting seperti oli mesin, tekanan ban, air radiator, dan sistem rem. Hal ini penting untuk meminimalkan risiko kecelakaan di jalan selama perjalanan mudik.


    Selain itu, jangan lupa untuk membawa buku servis dan dokumen kendaraan yang lengkap sebagai persyaratan standar berlalu lintas, khususnya du musim mudik Lebaran.


    Disampaikan, External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, “Untuk membantu masyarakat dalam persiapan tersebut, Tokopedia menyediakan layanan Tokopedia Garage yang memberikan akses untuk mendapatkan berbagai perlengkapan dan perawatan mobil dan motor. Ada pula Layanan Jasa Pasang Otomotif dari Tokopedia sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh fasilitas pemasangan untuk berbagai produk otomotif, termasuk onderdil mobil dan motor, yang dibeli melalui platform Tokopedia.”


    Menurutnya, untuk membuat perjalanan mudik menjadi lebih nyaman, masyarakat juga bisa menambahkan kasur mobil agar dapat istirahat dalam mobil saat berhenti di rest area. “Jelang mudik Lebaran 2023 lalu, di Tokopedia penjualan kasur mobil melonjak lebih dari 4 kali lipat dibandingkan periode yang sama di awal tahun 2023,” ujar Rizky.


    Kedua, siapkan uang tunai dan saldo kartu uang elektronik


    Pembayaran digital semakin menjadi andalan masyarakat saat melakukan transaksi. Di sisi lain, ada baiknya tetap menyiapkan uang tunai cadangan dan memastikan saldo kartu uang elektronik tetap terisi untuk beberapa tempat selama perjalanan mudik.


    “Masyarakat bisa dengan mudah mengisi saldo uang elektronik melalui fitur Top Up Uang Elektronik di Tokopedia kapan pun dan di mana pun. Setelah pembayaran sudah terverifikasi, jangan lupa update saldo uang elektronik dari aplikasi Tokopedia, ATM atau gerai retail terdekat,” saran Rizky.


    “Kemudahan dari fitur Top Up Uang Elektronik tersebut disambut dengan sangat positif oleh pengguna. Menurut data internal Tokopedia, nilai transaksi pada fitur Top Up Uang Elektronik naik lebih dari 3 kali lipat jelang mudik Lebaran 2023 lalu dibandingkan dengan periode yang sama di awal tahun 2023,” jelas Rizky.


    Ketiga, titipkan hewan peliharaan pada orang terdekat


    Bagi keluarga yang memiliki hewan peliharaan, maka ada baiknya melakukan persiapan apabila hewan peliharaan tersebut tidak dibawa pulang mudik. Misalnya, titipkan hewan peliharaan di jasa penitipan hewan peliharaan di klinik atau pet shop terpercaya.


    Pilihan lainnya, yaitu menitipkan ke orang terdekat untuk menjaga hewan peliharaan. Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan, camilan kesukaan hewan peliharaan, dan produk perawatan kepada orang yang akan merawat hewan peliharaan selama mudik.


    “Masyarakat lebih mudah mendapatkan berbagai jenis produk perawatan hewan peliharaan, termasuk untuk kucing, anjing, burung hingga ikan, lewat Tokopedia. Ada juga deretan penawaran menarik yang bisa membuat belanja kebutuhan hewan peliharaan menjadi lebih hemat, mulai dari Bebas Ongkir hingga diskon sampai 70%,” tutur Rizky.


    Rizky melalui Tokopedia pun melihat permintaan masyarakat terhadap produk perawatan hewan peliharaan juga terus naik, misalnya saat jelang mudik Lebaran 2023 lalu. “Penjualan pet feeder, dispenser makanan hewan peliharaan yang dapat diatur dengan smartphone, melonjak hampir 1,5 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama di awal tahun 2023. Sedangkan produk litter box kucing mengalami kenaikan penjualan lebih dari 1,5 kali lipat,” jelas Rizky.


    Ke-empat, siapkan perlengkapan untuk kejadian yang tidak terduga


    Perjalanan mudik, baik yang dilakukan di darat maupun udara, membutuhkan kondisi fisik yang prima bagi pemudik. Bahkan, kondisi kendaraan prima juga sangat dibutuhkan bagi pemudik jalur darat. Untuk menjaga kesehatan fisik pemudik, dianjurkan membawa kotak P3K berisi obat anti mabuk, obat diare, obat demam, serta antiseptik pembersih luka dan perban.


    “Tokopedia memiliki halaman khusus Tokopedia Farma untuk mempermudah masyarakat mendapatkan produk kesehatan, mulai dari multivitamin dan obat-obatan yang sudah terkurasi, untuk dibawa saat perjalanan mudik Lebaran 2024 mendatang,” ungkap Rizky.


    Sementara itu, untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga pada kondisi kendaraan, siapkan perkakas seperti segitiga pengaman, dongkrak mobil, tang, serta kunci-kunci serep yang dapat ditemukan lewat Tokopedia Garage dan Home Living Salebration. Pastikan pula untuk membawa charger dan power bank agar daya baterai smartphone dan perangkat elektronik lainnya tetap terjaga agar pemudik bisa memanggil bantuan jika diperlukan.


    Kelima, siapkan keperluan perbekalan makanan dan minuman serta alat ibadah


    Untuk mengantisipasi perjalanan mudik yang panjang, siapkan makanan dan minuman secukupnya bagi sekeluarga. Bawalah makanan dan minuman yang tahan lama dan mudah dibawa, seperti roti, biskuit, buah-buahan dan air minum.


    Sebelum mudik, masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan makanan dan minuman, termasuk daging, sayuran, buah-buahan, dan masih banyak lagi, dengan lebih cepat melalui Tokopedia NOW!. Setiap pesanan lewat Tokopedia NOW! akan dilayani dan dikirim langsung oleh mitra kurir dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran dikonfirmasi, tambahnya.


    Selain itu, agar ibadah sholat bisa tepat dilakukan dengan optimal selama perjalanan mudik, pastikan pula membawa alat ibadah yang mudah untuk disimpan dalam mobil atau tas.


    “Tokopedia mencatat penjualan subkategori produk Perlengkapan Ibadah, termasuk mukena, sarung hingga sajadah, naik lebih dari 2,5 lipat jelang mudik Lebaran 2023 lalu jika dibandingkan dengan periode yang sama di awal tahun 2023,” pungkas Rizky. (sm)




     
    Berita Lainnya :
  • Perluas Layanan Keuangan Digital, DANA dan Jalin Bangun Kerjasama
  • BAZNAS Bersama Muhammadiyah Gulirkan Program Pengembangan SDM Unggul
  • Belajar dari Jepang, Sosialisasi Stranas Bisnis dan HAM di Indonesia Harus Masif
  • Bus Hino RM 280 ABS Siap Menjadi Andalan Transportasi di Kalteng
  • BAZNAS Tanggap Bencana Respons Cepat Bantu Korban Gempa Garut
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Perluas Layanan Keuangan Digital, DANA dan Jalin Bangun Kerjasama
    02 BAZNAS Bersama Muhammadiyah Gulirkan Program Pengembangan SDM Unggul
    03 Belajar dari Jepang, Sosialisasi Stranas Bisnis dan HAM di Indonesia Harus Masif
    04 Bus Hino RM 280 ABS Siap Menjadi Andalan Transportasi di Kalteng
    05 BAZNAS Tanggap Bencana Respons Cepat Bantu Korban Gempa Garut
    06 Membasuh Luka Palestina, Bareksa Salurkan Infak Palestina Melalui BAZNAS RI
    07 Yayasan Solidaritas Insan Peduli Salurkan Infak Palestina Rp250 Juta melalui BAZNAS RI
    08 AASI Beri Kuliah Umum Literasi Asuransi Syariah di UNTAD Palu
    09 Samsung Umumkan Ketersediaan Opsi Bahasa Indonesia Galaxy AI di Galaxy S24 Series
    10 Bangun Masa Depan, BAZNAS RI Berikan Pembinaan Karir bagi Peserta Beasiswa Cendekia
    11 Shop | Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Masa Ramadan-Lebaran 2024
    12 Shopee bersama Vidi Aldiano Kenalkan Program Garansi Tepat Waktu Kepada Pengguna
    13 Kemenag: BAZNAS RI Berperan Tingkatkan Kualitas Hidup Mustahik
    14 Hindari Pinjol Ilegal, UOB Dukung Literasi Keuangan Untuk Generasi Muda
    15 Aqua+ Series Kembali Meraih Kembali HWB Award 2024 di Thailand
    16 GoPay Serahkan Donasi Rp1 Miliar Program Berbagi Kebaikan ke BAZNAS RI
    17 Jakarta Tak Lagi Ibu Kota, Kelurahan Dapat Kucuran APBD 5%
    18 Gagas Program Sahabat UMKM Indonesia, BMM Bantu Usaha Kecil Naik Kelas
    19 Xiaomi Indonesia Lengkapi Pilihan Konsumen Lewat Varian Tambahan Redmi Note 13 Series
    20 Peduli Sampah Plastik, Yayasan WINGS Peduli Kampanyekan #PilahDariSekarang
    21 Gerakan Tokopedia Hijau Tingkatkan Bisnis dan Produk Ramah Lingkungan
    22 KB Bank Syariah Dapat Penghargaan Peringkat AAA dengan Outlook Stabil dari Fitch Ratings
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS