Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Pemaparan Kinerja 2023, BCA Syariah Bukukan Laba Bersih Tembus Rp153,8 Miliar
Selasa, 05-03-2024 - 18:33:52 WIB
Foto bersama Presiden Direktur PT Bank BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum saat media update Pemaparan Kinerja BCA Syariah 2023 di Kantor Pusat BCA Syariah, Jakarta, Selasa (5/3/2024). (sumarno)
TERKAIT:
 
  • Pemaparan Kinerja 2023, BCA Syariah Bukukan Laba Bersih Tembus Rp153,8 Miliar
  •  

    JAKARTA- Pemaparan Kinerja  sepanjang tahun 2023, PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) meraih pertumbuhan positif untuk semua indikator perusahaan, dengan mencatat laba bersih tembus Rp153,8 miliar, atau tumbuh 30,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya, Year on Year (YoY).


    Peningkatan laba tersebut, ditopang oleh akselerasi penyaluran pembiayaan yang tetap menerapkan prinsip kehati-hatian sehingga kualitas pembiayaan terjaga dengan baik dan akuisisi customer base khususnya nasabah CASA, serta manajemen aset dan liabilitas yang berimbang.


    Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Direktur Yuli Melati Suryaningrum, dalam media update Pemaparan Kinerja BCA Syariah 2023 di Kantor Pusat BCA Syariah, Jakarta (5/3/2024).


    Dalam presentasinya pencapaian kinerja perusahaan, Direktur BCA Syariah Pranata memaparkan, “Sepanjang 2023, total aset BCA Syariah mencapai Rp14,5 triliun meningkat 14,2% dibanding tahun sebelumnya. Pertumbuhan aset ini didukung dengan penghimpunan DPK yang mencapai Rp10,9 triliun tumbuh 15,5% YoY dan penyaluran pembiayaan yang mencapai Rp9,0 triliun, tumbuh 18,8% YoY.


    Sejumlah rasio keuangan lainnya juga menunjukkan perfoma kuat BCA Syariah pada 2023. Return on Asset (ROA) dan Return of Equity (ROE) menunjukkan pertumbuhan dibandingkan tahun sebelumnya, berturutturut mencapai sebesar 1,5% dan 5,2%. Kinerja yang baik juga ditopang oleh efisiensi operasional Bank, tercermin dari BOPO yang yang berada pada posisi 78,6% atau membaik dari posisi yang sama di tahun sebelumnya.


    Lebih lanjut, strategi pencapaian pertumbuhan yang solid dan berkelanjutan di antaranya dilakukan dengan mempercepat pertumbuhan jumlah nasabah khususnya pada dana murah (Current Account Saving Account/CASA).


    Untuk mendukung hal tersebut, BCA Syariah mengakselerasi adopsi teknologi pada produk dan layanan yang dimiliki serta melakukan moderenisasi pada infrastruktur IT sehingga mampu menjaga komposisi CASA pada 38,1% dari total DPK mencapai Rp4,2 triliun.


    “Kami meluncurkan fitur baru yaitu Pembukaan Rekening Online melalui  BCA Syariah Mobile. Solusi ini merupakan wujud nyata dari upaya kami dalam mendengarkan kebutuhan masyarakat untuk mengkases layanan BCA Syariah. Alhamdulillah, layanan ini disambut baik oleh masyarakat sehingga turut meningkatkan jumlah nasabah hingga 170,1%,” kata Pranata.


    Fungsi intermediasi perusahaan tercermin baik dengan rasio penyaluran dana (FDR) yang meningkat, mencapai 82,3%. Komposisi pembiayaan terbesar terdapat pada segmen pembiayaan komersial yaitu 70,7% dari total pembiayan sebesar Rp6,3 triliun.


    Sementara itu, pertumbuhannya, pembiayaan konsumer mencapai pertumbuhan tertinggi dibandingkan dengan segmen pembiayaan lainnya yaitu sebesar 95,3% YoY, mencapai Rp821 miliar.


    “Peningkatan signifikan pada pembiayaan konsumer didukung oleh pengembangan fitur produk dan pemasaran yang semakin masif oleh jaringan cabang dan kolaborasi pemasaran dengan grup BCA,” ujar Pranata.


    Penyaluran pembiayaan yang inklusif turut tercermin pada pembiayaan sektor UMKM yang komposisinya mencapai 20,2% dari total pembiayaan atau sebesar Rp1,8 triliun, tumbuh 5,0% secara tahunan.


    Penyaluran pembiayaan yang efektif dan dijalankan dengan prinsip kehati-hatian tercermin pada kualitas pembiayaan yang terjaga rendah dan sehat. Non Performing Financing (NPF) gross tercatat sebesar 1,04% dan nett 0,00%.


    Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum mengatakan, “BCA Syariah turut menjalankan praktik bisnis dan tata kelola yang mengedepankan prinsip keberlanjutan. Pada tahun 2023, BCA Syariah telah menyusun kebijakan dan roadmap keuangan berkelanjutan sebagai pedoman implementasi keuangan berkelanjutan yang terarah."


    Lebih lanjut, sebesar 30,1% dari total pembiayaan yang kami salurkan merupakan pembiayaan pada sektor berkelanjutan. Ini merupakan bentuk komitmen BCA Syariah dalam menjaga keseimbangan antara people, profit dan planet.


    Dipaparkan bahwa, tercatat hingga akhir Desember 2023, pembiayaan berkelanjutan di BCA Syariah mencapai Rp2,7 triliun. Pembiayaan disalurkan pada 6 sektor Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KUB) yang terdiri dari: Efisiensi energi sebesar Rp367,7 miliar; pembiayaan eco-efficient Rp315,4 miliar.


    Selain itu, pengelolaan sumber daya hayati dan penggunaan lahan yang berkelanjutan sebesar Rp195,5 miliar; pencegahan dan pengendalian polusi Rp10,7 miliar; pengelolaan air dan air limbah berkelanjutan Rp2,5 miliar dan sektor transportasi ramah lingkungan Rp2,3 miliar.


    "Kami sangat bersyukur di 2023 BCA Syariah mampu melewati tantangan ekonomi dengan pencapaian kinerja yang baik dan tumbuh secara berkesinambungan," ungkap Yuli Melati Suryaningrum menambahkan.


    Pada 2024 kami tetap fokus untuk meningkatkan jumlah nasabah baik pembiayaan maupun dana melalui penguatan infrastrukur IT, peningkatan fitur layanan dan memperkuat sinergi dengan para stakeholder, pungkasnya. (sm)




     
    Berita Lainnya :
  • Acer Menjadi Solusi dan Transformasi Platform Komunitas Pendidik Guraru
  • Atas Kepercayaan Masyarakat: Pengumpulan ZIS BAZNAS pada Ramadhan 2024 tembus Rp447,9 M
  • Beli Tiket PEVS 2024 di PLN Mobile dapat Diskon Tambah Daya 60%
  • Mobil Listrik Neta V-II Meluncur di Pameran PEVS 2024 Seharga Rp200 Jutaan
  • PEVS 2024: Tampilkan Beragam Aktivitas Komunitas Pengguna Kendaraan Listrik
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Acer Menjadi Solusi dan Transformasi Platform Komunitas Pendidik Guraru
    02 Atas Kepercayaan Masyarakat: Pengumpulan ZIS BAZNAS pada Ramadhan 2024 tembus Rp447,9 M
    03 Beli Tiket PEVS 2024 di PLN Mobile dapat Diskon Tambah Daya 60%
    04 Mobil Listrik Neta V-II Meluncur di Pameran PEVS 2024 Seharga Rp200 Jutaan
    05 PEVS 2024: Tampilkan Beragam Aktivitas Komunitas Pengguna Kendaraan Listrik
    06 Ajang PEVS 2024, PLN Tampilkan Kesiapan Ekosistem EV di Indonesia
    07 Ofero Bangun Strategi dan Kenalkan Battery Lithium dan Unit Terbaru
    08 Perluas Layanan Keuangan Digital, DANA dan Jalin Bangun Kerjasama
    09 BAZNAS Bersama Muhammadiyah Gulirkan Program Pengembangan SDM Unggul
    10 Belajar dari Jepang, Sosialisasi Stranas Bisnis dan HAM di Indonesia Harus Masif
    11 Bus Hino RM 280 ABS Siap Menjadi Andalan Transportasi di Kalteng
    12 BAZNAS Tanggap Bencana Respons Cepat Bantu Korban Gempa Garut
    13 Membasuh Luka Palestina, Bareksa Salurkan Infak Palestina Melalui BAZNAS RI
    14 Yayasan Solidaritas Insan Peduli Salurkan Infak Palestina Rp250 Juta melalui BAZNAS RI
    15 AASI Beri Kuliah Umum Literasi Asuransi Syariah di UNTAD Palu
    16 Samsung Umumkan Ketersediaan Opsi Bahasa Indonesia Galaxy AI di Galaxy S24 Series
    17 Bangun Masa Depan, BAZNAS RI Berikan Pembinaan Karir bagi Peserta Beasiswa Cendekia
    18 Shop | Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Masa Ramadan-Lebaran 2024
    19 Shopee bersama Vidi Aldiano Kenalkan Program Garansi Tepat Waktu Kepada Pengguna
    20 Kemenag: BAZNAS RI Berperan Tingkatkan Kualitas Hidup Mustahik
    21 Hindari Pinjol Ilegal, UOB Dukung Literasi Keuangan Untuk Generasi Muda
    22 Aqua+ Series Kembali Meraih Kembali HWB Award 2024 di Thailand
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS