Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
BCA Syariah Peduli Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Tambakrejo Semarang
Kamis, 23-11-2023 - 12:51:12 WIB
TERKAIT:
 
  • BCA Syariah Peduli Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Tambakrejo Semarang
  •  

    Chief Executive Officer Yayasan LindungiHutan Miftachurrobani menyerahkan Certificate of Completion kepada Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum didampingi oleh Presiden Komisaris Independen BCA Syariah Ratna Yanti, di Semarang, Selasa (22/11/2023). (ist)


    SinggalangNews.com, Semarang - PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) jalin kerja sama dengan Yayasan Lindungi Hutan menanam 1000 bibit Mangrove Rhizophora (mangrove) di wilayah pesisir Tambakrejo, Semarang Jawa Tengah.


    Seremoni kerja sama dilakukan di Semarang, 22 Novembe 2023 oleh Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum, Presiden Komisaris BCA Syariah Ratna Yanti dan Lindungi Hutan diwakili oleh Chief Executive Officer Yayasan Lindungi Hutan Miftachurrobani dan Chief Technology Officer Chashif Syadzali.


    BCA Syariah melalui BCA Syariah Peduli menginisiasi kampanye penghijauan bertajuk “1000 Pohon untuk Tambakrejo”. Melalui kampanye tersebut, perusahaan telah melakukan aksi penanaman 1.000 bibit mangrove di Pesisir Tambakrejo pada 11 November 2023.


    Kegiatan dihadiri oleh Sekretaris Perusahaan Nadia Amalia sebagai perwakilan kantor pusat BCA Syariah, Pemimpin Cabang BCA Syariah Semarang Maria Heniwati, perwakilan karyawan BCA Syariah, tim LindungiHutan dan Kelompok CAMAR (Cinta Alam Mangrove Asri dan Rimbun) yang diketuai oleh Yazid.


    Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum mengatakan ”Kegiatan penanaman mangrove merupakan bentuk aksi kepedulian terhadap penghijauan dan kelestarian alam. Kami berharap langkah ini dapat memberikan dampak positif bagi ekosistem setempat serta dapat memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar”.


    BCA Syariah memiliki komitmen untuk mengimplementasikan keuangan berkelanjutan yang berarti dalam pelaksanaan kegiatannya, BCA Syariah senantiasa memperhatikan aspek Environment, Social, dan Governance (ESG).


    “Kami menyadari bahwa keseimbangan antara aspek ESG sangat mempengaruhi keberlangsungan usaha kami untuk itu dalam setiap kegiatan usaha kami akan menjaga keseimbangan antara bisnis dan keberlanjutan lingkungan,” kata Yuli.


    Pesisir Tambakrejo merupakan lokasi di wilayah pesisir Kota Semarang yang memiliki tingkat kerusakan lingkungan yang tinggi. Berkurangnya luasan hutan mangrove, berdampak signifikan terhadap Pesisir Tambakrejo. Sehingga, abrasi dan banjir rob menjadi hal biasa yang rutin melanda lokasi tersebut. Masyarakat di Pesisir Tambakrejo setiap 5-20 tahun sekali harus meninggikan rumahnya untuk mencegah masuknya air laut.


    Oleh karena itu, penanaman mangrove perlu digalakkan kembali untuk menjaga lingkungan di Pesisir Tambakrejo. Hutan Mangrove dinilai bermanfaat untuk menjaga garis pantai dari abrasi, mencegah banjir rob, meredam gelombang air laut, menyediakan sumberdaya bagi petani atau masyarakat setempat.


    Tanamanan mangrove dipilih BCA Syariah karena memiliki manfaat dari segi ekologi maupun ekonomi bagi lingkungan maupun masyarakat sekitar. Tanaman ini dapat menghasilkan oksigen dan menyerap emisi CO2. Setiap 1000 tanaman Rhizophora yang ditanam menghasilkan sekitar 512,176 Kg CO2 eq.  


    Akarnya dapat memperkuat struktur tanah di daerah pesisir sehingga dapat mencegah penurunan muka tanah dan erosi. Tanaman mangrove juga dapat mengurangi abrasi dan buahnya menjadi sumber makanan bagi hewan seperti monyet, bekantan, kepiting bakau dan burung.


    Dari segi ekonomi, kayu dari tanaman mangrove dapat dijadikan kayu bakar dan mebel. Tanin dari kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami dan daunnya dapat diolah menjadi keripik.


    Sementara itu, Nadia Amalia saat penanaman mengatakan “Upaya yang telah dilaksanakan ini mampu berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat setempat. Melalui program ini, masyarakat turut diberdayakan dan ikut serta dalam upaya pelestarian hutan mangrove di Pesisir Tambakrejo."


    BCA Syariah dan LindungiHutan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat yang berperan sebagai penyedia bibit mangrove dalam agenda penanaman ini, ujar Nadia.


    “Melalui kesempatan ini, diharapkan pula seluruh pihak dapat berkontribusi dalam upaya pelestarian dan mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan. Ikuti jejak BCA Syariah dalam menghijaukan Pesisir Tambakrejo, dengan mengunjungi platform LindungiHutan”, pungkas Nadia. (sm_r)




     
    Berita Lainnya :
  • Membasuh Luka Palestina, Bareksa Salurkan Infak Palestina Melalui BAZNAS RI
  • Yayasan Solidaritas Insan Peduli Salurkan Infak Palestina Rp250 Juta melalui BAZNAS RI
  • AASI Beri Kuliah Umum Literasi Asuransi Syariah di UNTAD Palu
  • Samsung Umumkan Ketersediaan Opsi Bahasa Indonesia Galaxy AI di Galaxy S24 Series
  • Bangun Masa Depan, BAZNAS RI Berikan Pembinaan Karir bagi Peserta Beasiswa Cendekia
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Membasuh Luka Palestina, Bareksa Salurkan Infak Palestina Melalui BAZNAS RI
    02 Yayasan Solidaritas Insan Peduli Salurkan Infak Palestina Rp250 Juta melalui BAZNAS RI
    03 AASI Beri Kuliah Umum Literasi Asuransi Syariah di UNTAD Palu
    04 Samsung Umumkan Ketersediaan Opsi Bahasa Indonesia Galaxy AI di Galaxy S24 Series
    05 Bangun Masa Depan, BAZNAS RI Berikan Pembinaan Karir bagi Peserta Beasiswa Cendekia
    06 Shop | Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Masa Ramadan-Lebaran 2024
    07 Shopee bersama Vidi Aldiano Kenalkan Program Garansi Tepat Waktu Kepada Pengguna
    08 Kemenag: BAZNAS RI Berperan Tingkatkan Kualitas Hidup Mustahik
    09 Hindari Pinjol Ilegal, UOB Dukung Literasi Keuangan Untuk Generasi Muda
    10 Aqua+ Series Kembali Meraih Kembali HWB Award 2024 di Thailand
    11 GoPay Serahkan Donasi Rp1 Miliar Program Berbagi Kebaikan ke BAZNAS RI
    12 Jakarta Tak Lagi Ibu Kota, Kelurahan Dapat Kucuran APBD 5%
    13 Gagas Program Sahabat UMKM Indonesia, BMM Bantu Usaha Kecil Naik Kelas
    14 Xiaomi Indonesia Lengkapi Pilihan Konsumen Lewat Varian Tambahan Redmi Note 13 Series
    15 Peduli Sampah Plastik, Yayasan WINGS Peduli Kampanyekan #PilahDariSekarang
    16 Gerakan Tokopedia Hijau Tingkatkan Bisnis dan Produk Ramah Lingkungan
    17 KB Bank Syariah Dapat Penghargaan Peringkat AAA dengan Outlook Stabil dari Fitch Ratings
    18 Peduli Palestina, KNRPP Salurkan Infak Kemanusiaan Lewat BAZNAS RI
    19 Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
    20 Service di Auto2000 Berhadiah Sepeda Motor Matik Honda BeAT
    21 Baznas Salurkan 137 Ribu Paket Beras Zakat Fitrah hingga Pelosok Indonesia
    22 Smartfren Community Gelar Program Santri Ngonten 100% Kebaikan
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS